• Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Semarang

Sahabat Setia

Home » » PROSPEK TEKNIK KIMIA

PROSPEK TEKNIK KIMIA

Teknik kimia adalah ilmu teknik atau ilmu rekayasa yang mempelajari pemprosesan dari bahan baku menjadi barang yang lebih berguna. Baik barang jadi maupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skalakecil maupun besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia pekerjaannya bertanggung jawab terhadapa perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan “isinyur proses”(process engeneer). Selain itu, insinyur teknik kimia juga terkait dengan penelitian dan pengembangan proses kimia.Teknik kimia selalu menitikberatkan pekerjaannya untuk menghasilkan proses yang ekonomis.Untuk mencapai tujuan ini, seorang insinyur teknik kimia dapat menyederhanakan atau memperumitaliran proses produksi untuk memperoleh proses yang ekonomis. Selain melalui perancangan aliran proses produksi, seorang insinyur kimia juga dapat menghasilkan proses yang ekonomis denganmerancang kondisi operasi. Beberapa reaksi kimia memiliki laju reaksi yang lebih tinggi pada tekanandan temperature operasi yang lebih tinggi. Proses produksi amoniak adalah contoh dari pemanfaatantekanan tinggi. Agar laju pembentukan ammonia cepat, reaksi dilangsungkan dalam suatu reaktor  bertekanan tinggi.Proses-proses kimia berlangsung dalam peralatan proses. Peralatan proses umumnya merupakansatu unit operasi. Unit-unit operasi kemudian dirangkaikan untuk melakukan berbagai kebutuhan dansintesis kimia ataupun dari proses pemisahan. Pada beberapa unit operasi, peristiwa sintesis kimia dan proses pemisahan berlangsung secara bersamaan. Penggabungan dari keduanya ini bias dilihat dari prosesdistilasi reaktif.Ilmu-ilmu yang menjadi dasar dalam teknik kimia, ialah :
           Neraca massa
           Neraca energy
           Peristiwa perpindahan massa, energy, momentum
           Reksi kimia
           Termokimia
           TermodinamikaIlmu-ilmu pendukung teknik kimia, ialah :
           Mekanika fluida
           Ilmu tentang material

Selain ilmu dasar dan ilmu pendukung, terdapat pula kemampuan-kemampuan dan pengetahuan- pengetahuan aplikatif yang perlu dikuasai oleh seorang insinyur teknik kimia, ialah :
           Pengendalian proses kimia
           Instrumentasi
           Perancangan proses kimia
           Penanganan limbah pabrik 
           Prosedur keselamatan pabrik kimia
           Evaluasi ekonomi pabrik kimia
           Manajemen proyek 
 
Teknik kimia modernPada masa sekarang ini, teknik kimia terlibat dalam proses pengembangan dan proses produksi produk yang sangat beragam. Produk-produk ini meliputi material berunjuk kerja tinbggi untuk keperluanantariksa, otomotif, biomedis, elektronik, lingkungan, dan militer. Contoh produk yang dihasilkan adalahserat yang sangat kuat, bahan tekstil, pelekat, material komposit untuk kendaraan, material yang amanuntuk implant, dan obat-obatan.

Prospek kerja lulusan teknik kimia pada umumnya bekerja sebagai process engeneer di industry kimia antara lain:
         Industry minyak dan gas
         Industry petrokimia
         Industry makanan dan minuman
         Industry plastik, kertas, dan tekstil
         Industry sabun, deterjen, pasta gigi, dan farmasi
         Industry keramik, perekat, dan gelas
         Industry penyamakan kulit
         Industry semen dan pestisida
         Industry agro industry
         Industry pertambangan
         Pemerintah daerah bidang lingkungan hidup dan bappedal
         Tenaga edukatif

Teknik kimia adalah bidang yang luas, pekerjaan propektus dan pilihan karir insinyur teknik kimiayang bervariasi dan berbeda. Insinyur kimia memainkan peran kunci dalam industry,terutama dalam bidang manufaktur. Area kerja mereka bervariasi dari minyak bumi dan petrokimia untuk makanan, bahan, khusus bahan kimia, plastic, kekuatan produksi, pengendalian lingkungan, pengelolahan limbah,dan biteknologi.Karena ini adalah insinyur kimia bidang bervariasi bias mengkhususkan dalam proses kimia tertentuseperti oksidasi atau polimerisasi atau dalam produk tertentu seperti plastic dan karet. Selain merancang peralatan dan tanaman, pengujian dan pengawasan manufaktur produksi, mereka juga mempelajari sifatdan efek bahan kimia berbahaya, proses perangkat peneetral mereka dan juga pada pembangunan pengganti diterima. Dengan demikian pekerjaajn mereka bias berbahaya.Menunggu kesempatan kerja yang luas insinyur kimia baik dalam sector public maupun sector swasta. Mereka dapat mencari pekerjaan di bidang-bidang seperti pengolahan, operasional ataumanufaktur, penelitian dan pengembangan desain dan konstruksi, keuangan dan mengajar. Mereka juga mungkin mengejar gelar manajemen setelah B. Tech dan mengambil pekerjaan pemasaran. Kandidatdengan manajemen tambah gelar dicari oleh industry swasta. Pada industry proses mereka bias bekerja di posisi seperti seorang supervisor atau manajer, spesialis teknis, manajer proyek atau proyek insinyur.Diantara industry manufaktur, farmasi memberikan kesempatan terbaik untuk insinyur kimia. Dalamsector pemerintahan, para insinyur kimia bekerja untuk memecahkan masalah-masalah lingkingan sepertilimbah dan pengelolahan air, peraturan lingkungan hidup dan daur ulang. Di sector energy seperti energy konservasi dan penelitian tentang sumber-sumber energy alternative dan kesehatan.

1 komentar:

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS