Sahabat Setia

Home » » Teknik Kimia, S1 UNNES (Universitas Negeri Semarang)

Teknik Kimia, S1 UNNES (Universitas Negeri Semarang)

Legalitas
Izin penyelenggaran  dikti No. 266/E/O/2012 pada tanggal 3 Agustus 2012

Deskripsi Singkat
Program studi Teknik Kimia S1 lahir pada tanggal 3 Agustus 2012 sesuai dengan SK penyelenggaraan dari dikti No. 266/E/O/2012. Program Studi ini mulai menerima Mahasiswa Baru Teknik Kimia S1 pada Tahun Ajaran 2012/2013. Konsentrasi Prodi Teknik Kimia S1 adalah “Teknologi Pengolahan Sumber Alam Terbarukan Indonesia menjadi Bahan kimia bernilai tinggi (fine chemical)”. Lahirnya Program Studi Teknik Kimia S1 diawali dengan adanya Program Studi Teknik Kimia D3 yang sudah ada sejak tahun 2007.
Program Studi Teknik Kimia merupakan salah satu cabang rekayasa yang menitikberatkan pada proses dan operasi teknik kimia. Keunggulan dari Program Studi Teknik Kimia adalah memiliki kemampuan terhadap penguasaan dan pemanfaatan bahan alam terbarukan Indonesia seperti mengolah, memproses, mengoperasikan, merancang, memilih dan menerapkan teknologi Kimia. Bahan baku yang akan diolah adalah bahan alam terbarukan (BAT) Indonesia, seperti BAT berbasis minyak atsiri (rempah-rempah dan empon-empon), BAT berbasis lemak dan minyak, BAT berbasis protein, selulosa dan serat, BAT berbasis laut (rumput laut), gula tebu dan gula merah, dan BAT berbasis getah-getahan.

Keunggulan
Prestasi yang pernah diraih oleh mahasiswa Program Studi Teknik Kimia sebagai Juara II Mahasiswa Berprestasi 2011 Tingkat Fakultas diraih oleh Eko Setiawan(Mahasiswa Teknik Kimia D3 angkatan 2009) dan Juara III Putra Kampus 2012 oleh Radityo Pungki (Mahasiswa Teknik Kimia D3 angkatan 2011). Prestasi lain yang dicapai banyaknya proposal Program Kreativitas Mahasiswa didanai Dikti dan beasiswa bidikmisi, BBM dan PPA.
Fasilitas penunjang
Research. Kegiatan penelitian baik mahasiswa maupun dosen dilakukan di Laboratorium Teknik Kimia. Laboratorium Teknik Kimia terdapat alat atau instrumen yang menunjang kegiatan penelitian. Penelitian yang dikembangkan khususnya pengolahan bahan alam terbarukan.
Keunikan (daya beda)
Program Studi Teknik Kimia S1 UNNES memiliki konsentrasi Pengolahan Bahan Alam Terbarukan (BAT) yang berbeda dengan Program Studi Teknik Kimia yang ada di Perguruan Tinggi Indonesia. Mahasiswa selain dibekali keahlian di bidang Teknik Kimia juga diberikan pengetahuan Pengolahan Bahan Alam Terbarukan.
Peluang mmengembangkan diri
Program Studi Teknik Kimia mengembangkan beberapa kegiatan antara lain:
a. Memacu dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Kimia untuk lebih meningkatkan kemampuan, kualitas, dan daya saing dosen dalam melaksanakan penelitian di tingkat nasional dan internasional;
b. Memacu dosen dan mahasiswa program studi Teknik untuk lebih meningkatkan kemampuan, kualitas, dan daya saing dosen dalam melaksanakan pengabdian/layanan kepada masyarakat di tingkat nasional dan internasional;

KOMPETENSI LULUSAN
Lulusan Program Studi Teknik Kimia diharapkan memiliki keahlian sebagai berikut.
a. Lulusan yang siap pakai dalam bidang ilmu teknik kimia.
b. Lulusan yang mempunyai daya kreativitas dan inovatif yang tinggi dalam berkarya.
c. Lulusan yang mempunyai jiwa wirausaha, mampu menciptakan lapangan kerjaan secara mandiri.
d. Lulusan yang mampu membuat rancang bangun pabrik kimia dalam menghadapi globalisasi.
e. L ulusan yang dapat menjaga lingkungan untuk keberlangsungan masyarakat banyak.
Alumni
Aalumni prodi ini bekerja di industri,  meliputi PT Astra Daihatsu, PT. Sido mncul, PT. Kino, PT. Dua Kelinci, PT. Indo Plastik, dan Bank BRI.


 Alamat
Gedung E1 Lantai 2 Fakultas Teknik, Kampus  Unnes Sekaran Gunungpati, Semarang 50229
Telp. (024)8508101 ext 114, Website: http://tekkim.unnes.ac.id/

0 komentar:

Poskan Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS